UTS Pengantar Filsafat Semester 1

 

UTS Pengantar Filsafat Semester 1
SOAL

  1. Jelaskan mengapa objek Ilmu bersifat empiris!
  2. Apa yang dimaksud bahwa Ilmu itu harus bebas nilai dan netral? Jelaskan dan berikan contohnya!
  3. Sebutkan dan jelaskan apa perbedaan Pengetahuan Ilmu dengan Pengetahuan Biasa!
  4. Sebutkan apa titik temu Pengetahuan Ilmu dengan Pengetahuan Biasa!
  5. Apa kriteria suatu pengetahuan disebut Ilmu menurut Archie J. Bahm? Jelaskan!
  6. Apa yang saudara ketahui tentang Pengetahuan? Jelaskan!
  7. Menurut Archie J. Bahm, sebutkan enam komponen dasar sesuatu itu disebut Ilmu!
  8. Jelaskan keenam komponen tersebut!

JAWABAN NO 1
        Empiris artinya berdasarkan pengalaman, yaitu pengamatan dari pancaindra manusia. Oleh karena itu objek ilmu bersifat empiris karena objek tersebut harus bisa didekati oleh ilmu melalui pengamatan, penelitian, dan percobaan. Pendekatan ilmu terhadap objeknya ini bertujuan untuk menyelesaikan atau mencari jawaban atas masalah yang diajukan oleh objek tersebut.

JAWABAN NO 2
        Ilmu harus bebas nilai karena ilmu harus bersifat objektif. Bersifat objektif artinya apa adanya ilmu tersebut dan tidak boleh dimasukkan unsur-unsur subjektif ke dalam ilmu tersebut. Hal ini agar ilmu tersebut murni tanpa campur tangan pandangan pribadi manusia sehingga ilmu tersebut terhindar dari distorsi dan dapat berkembang secara autonom. Contoh, di negara-negara Eropa memiliki 4 musim sedangkan di negara-negara Asia hanya memiliki 2 musim saja. Hal ini dikarenakan perbedaan iklim di antara negara Eropa dengan negara Asia. Ilmu yang memperlajari hal tersebut sifatnya bebas nilai karena memang itulah yang terjadi. Ilmu ini tidak dicampurkan dengan pandangan subjektif manusia.

JAWABAN NO 3

    Pengetahuan Biasa (Common Sense) merupakan pengetahuan dasar. Dengan Pengetahuan Biasa, manusia akan sampai pada kebenaran yang bersifat umum dimana mereka akan berpendapat sama berkenaan dengan pengetahuan tersebut yang didapat dari pengalaman sehari-hari. Pengetahuan ini cenderung tetap, seringkali samar, dan memiliki kebenaran yang tidak perlu diuji. Contoh, air akan menghilangkan dahaga jika diminum, makanan akan menghilangkan rasa lapar, dan sebagainya.
       Sedangkan Pengetahuan Ilmu merupakan tingkatan selanjutnya dari Pengetahuan Biasa. Pengetahuan Ilmu berusaha untuk menempatkan berbagai Pengetahuan Biasa dalam satu sistem yang terorganisasi. Pengorganisasian ini dilakukan secara cermat dan teliti dengan menggunakan berbagai metode pendekatan Pengetahuan Ilmu seperti observasi, eksperimen, dan klasifikasi. Contohnya Ilmu Pengetahuan Alam.

JAWABAN NO 4
        Pengetahuan Ilmu merupakan suatu pengembangan terhadap Pengetahuan Biasa. Dimana pengembangan ini dilakukan dengan cara pengorganisasian berbagai Pengetahuan Biasa yang memiliki karakteristik yang mirip dalam suatu kesatuan Ilmu Pengetahuan. Biasanya, Ilmu Pengetahuan ini berisi berbagai Pengetahuan Biasa yang saling berkorelasi. Selain itu, pengorganisasian ini dilakukan dengan suatu pemikiran yang cermat dan teliti dengan menggunakan berbagai metode pendekatan seperti observasi, percobaan, dan klasifikasi.

JAWABAN NO 5
        Archie J. Bahm mengemukakan enam komponen dasar sesuatu itu disebut ilmu. Komponen ini terdiri dari masalah, sikap, metode, aktivitas, simpulan dan efek. Namun, menurutnya, pengetahuan bisa disebut ilmu tidak harus memenuhi seluruh komponen dasar tersebut. Misalnya, seorang ilmuan menyelesaikan masalah menggunakan sebagian komponen dasar, sebut saja sikap dan metode, maka hal itu pun sudah termasuk ilmiah. Oleh karenanya, keenam komponen tersebut sifatnya alternatif dan bukannya kumulatif.

JAWABAN NO 6
        Pengetahuan merupakan hasil dari proses manusia untuk tahu, Dalam kehidupan sehari-hari, manusia banyak melakukan pengamatan baik itu secara langsung maupun tidak. Pengamatan inilah yang disebut proses manusia untuk tahu. Selain pengamatan, manusia juga melakukan kegiatan berpikir secara rasional berkenaan dengan pengamatan tersebut. Hasil dari pengamatan ini kemudian menjadi apa yang kita sebut Pengetahuan. Contoh, manusia menjadi tahu bahwa gula itu manis setelah merasakannya.

JAWABAN NO 7
        Enam komponen dasar tersebut meliputi masalah, sikap, metode, aktivitas, simpulan, dan efek.

JAWABAN NO 8

1.) Masalah
        Masalah merupakan langkah awal memasuki dunia ilmu. Tanpa masalah, ilmu itu tidak pernah ada. Inti ilmu adalah masalah yang dijawab secara ilmiah. Masalah dikatakan ilmiah apabila ia bersifat communicable (dapat didekati dengan sikap dan metode ilmiah).

2.) Sikap
        Seorang ilmuan harus mempunyai sikap ilmiah. Dimana sikap ini memiliki 6 watak dasar, yaitu keingintahuan, (curiosity), kespekulatifan (speculativeness), keobjektifan (willingness to be objective), keterbukaan (open-mindedness), kesabaran (willingness to suspend judgement), dan kesementaraan (tentativity).

3.) Metode
        Metode berarti suatu cara yang ditempuh untuk mencapai tujuannya. Setiap ilmu memiliki metodenya sendiri dalam menyelesaikan masalahnya. Metode ilmu yang satu berbeda dengan metode ilmu lainnya. Masalah dan metode saling membutuhkan satu sama lain. Masalah tanpa metode tidak akan menjadi ilmiah, begitu pun dengan metode tanpa masalah juga tidak akan menjadi ilmiah. Ada lima langkah dalam menerapkan metode ilmiah. Yaitu, 1) memahami masalah, 2) menguji masalah, 3) menyiapkan solusi, 4) menguji hipotesis, dan 5) memecahkan masalah.

4.) Aktivitas
        Aktivitas disini maksudnya adalah penelitian ilmiah. Peneltian ini meliputi dua aspek, yaitu individual dan sosial. Aktivitas penelitian ilmiah meliputi 3 hal, antara lain 1) observasi, 2) membuat hipotesis, dan 3) menguji observasi dan hipotesis dengan cermat, teliti, dan terkontrol.

5.) Simpulan
        Simpulan merupakan penilaian akhir terhadap sikap, metode, dan aktivitas. Dimana simpulan ini bersifat sementara dan tidak dogmatis. Simpulan akan berubah-ubah sesuai dengan perkembangan yang terjadi dalam ilmu.

6.) Efek
        Efek berarti pengaruh ilmu pengetahuan terhadap berbagai bidang kehidupan manusia. Efek ini terbagi menjadi dua, yaitu pengaruh terhadap teknologi dan industri dan pengaruh terhadap peradaban manusia. Industrialisasi yang terjadi saat ini merupakan efek dari perkembangan ilmu pengetahuan manusia itu sendiri sehingga ilmu ini kemudian mengalami proses terindustrialisasi.

*Catatan kuliah untuk memenuhi tugas UTS Pengantar Filsafat Semester 1

0 Komentar